Flashback 2018

Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh…

Setahun yaa ternyata ga update2 cerita di blog ini.. dan sekarang udah 2019 aja.. hmm

Well, sedikit flashback ke tahun 2018 yaa.. Alhamdulillah tahun 2018 kemarin adalah tahun dimana saya banyak evaluasi untuk memperbaiki diri demi keputusan-keputusan besar yang saya buat. Wuiih berat yaa keknya.. whehee

Tahun kemarin tetep ada jalan-jalannya koook.. Alhamdulillah diberi kesempatan ke Asmat Papua, come back again to Jogja Istimewa, Sumedang daaann Tanah Suci HARAMAIN 🙂

Yup HARAMAIN adalah destinasi terbaik di tahun 2018 yang akhirnya Alhamdulillah Allah kasih kesempatan lagi untuk bisa ziarah kesana setelah 8 tahun yang lalu.. Ini salah satu keputusan besar saya di tahun 2018, di saat hati gelisah karena hidup terlalu monoton, ikhtiar pencarian pasangan hidup yang berkali2 kandas sehingga memantapkan hati ini untuk melangkah ke tanah suci berbekal simpanan uang tabungan yang Alhamdulillah ngepas. Dan ini adalah doa sy tahun-tahun sebelumnya yaitu ingin kembali ke tanah suci pada saat Bulan Suci RAMADHAN.. Alhamdulillah Allah lancarkan doa saya ini dengan menghadirkan teman barengan, travel umroh yang hemat tp oke banget MasyaAllah & dana yang pas ada Alhamdulillaaah..

“Nikmat Allah manakan yang engkau dustakan?” …

Bersyukur banget Allah maha BAIK yang mengabulkan doa saya bisa umroh di 10 hari terakhir RAMADHAN dan berlebaran disana.. sungguh sungguh ini semacam nikmat & rizki dari Allah untuk seorang hamba yang masih banyak kurangnya macam saya.. -_-

Memang sebelum kepergian saya ke tanah suci rasanya deg2an, ga sabar & macem2 pokoknya.. Banyaaaakkk banget isi hati yang ingin disampaikan langsung saat disana.. huhuhuuuuu

Dan Allah Maha Tahu isi hati ini sehingga akhirnya langkah ini bisa kembali merasakan ke Maha Kuasa an Allah dengan sajian dari Allah di setiap sisi terkabulnya doa di Masjidil Haram.. Allaah 😦

Saya nikmati betul tiap harinya disana dan rasanya ga mau melewatkan waktu berharga dengan hal yang sia-sia.. 10 Hari terakhir Ramadhan disana ga berasa berlalu sangat cepat, sedih bangeeeettt.. Semua isi hati ini tertumpah lewat doa yang saya panjatkan khususnya di tempat-tempat mustajabnya doa.. Intim rasanya hubungan saya dengan Allah di moment-moment ini dan pagi hari setelah subuh adalah priceless moment untuk saya berada di lantai tawaf, kemudian berlama-lama berdoa di multazam, yaitu tempat antara sudut Hajar Aswad dan pintu Ka’bah… huhuuu ngucur deraaass air mata ini dan rasanya ga mau beranjak.. tapi makin siang jamaah semakin padat dan akhirnya saya melipir ke tangga-tangga untuk tilawah sambil mandangin ka’bahh.. Aaaahhh bener-bener ini ogah rugi namanyaaa untuk puas-puasin nikmatin sajian dari Allah..

Saya yakin Allah ga tidur, Allah mendengar & juga mengabulkan semua doa-doa yang saya panjatkan…

Setiba dari tanah suci, kembali ke rutinitas dengan semangat baru dan rasanya dengan charge iman yang SUPER FULL bismillah untuk menghadapi semua skenario Allah ke depannya..

Hari berganti hari, minggu berganti minggu dan saya mulai merasakan pengabulan doa dari Allah.. Salah satu doa yang saya panjatkan saat di tanah suci adalah dipertemukannya saya dengan pasangan hidup yang sholeh & berakhlak baik.. Saya pasrahkan ke Allah aja seperti apa rupa, fisik dll nyaaa.. Allah tahu yang terbaik.. Dan saat itu benar-benar kondisi terpasrah dalam hidup saya di saat saya sudah ikhtiar yang maksimal.

Selang beberapa minggu, Allah hadirkan sosok-sosok calon pasangan yang insyaAllah sholeh dan berakhlak baik.. Namun meskipun masih gagal, tapi Allah kasih jeda waktu taaruf yang singkat-singkat.. Sampai pada akhirnya di penghujung tahun, Allah pertemukan saya dengan seorang ikhwan yang entah kenapa saya yakin dia yang terbaik di antara ikhwan-ikhwan lain sebelumnya..

Dengan melalui berbagai proses taaruf dan terus istikharah, akhirnya di penghujung tahun 2018 saya membuat sebuah keputusan besar untuk menerima khitbah/lamaran dari ikhwan sholeh ini.. Bismillaah

Dan saat ini tepatnya sejak 17 Februari 2019, Allah telah kabulkan salah 1 doa yang saya panjatkan di tanah suci yaitu mempertemukan saya dengan pasangan sholeh dengan bonus putri-putri yang sholihah insyaAllah.. Alhamdulillaah

Semoga Allah jadikan kami pasangan dunia akhirat & keluarga yang sakinah mawaddah warohmah..

Banyuwangi: Hidden Paradisenya Ujung Timur Jawa

Assalamualaikum all..

Di penghujung 2017 ini, gue memutuskan untuk kembali traveling.. dan setelah bingung mau kemana akhirnya kita putuskan ke BANYUWANGI!

Hmm.. ada apa yaa di Banyuwangi?? Seriously gue cuma tau Ijen dan Baluran.. ahahaa dan setelah googling sana sini, nampaknya susah kali akses transport disana + jarak objek wisata yang jauh2.. Alhasil gue ber2 temen memutuskan untuk ikut Opentrip. Yap opentrip ini sebenernya memudahkan kita untuk bisa ngetrip ke tempat2 yang ok punya bareng dengan wisatawan lainnya karena semua sudah terjadwal dan kita harus ikut dengan jadwal dan penginapan yang udah ditentuin. Cuma gue to be honest kurang suka, makanya kalo traveling prefer ngatur sendiri karena lebih bebas ngatur waktu & mau nginep dimana sesuai keinginan meskipun emang lebih rempong but i love it

Opentrip yang kita ikutin ini pas sama tanggal long wiken, 1 – 3 Desember 2017 (Jumat – Minggu). Meeting point kita di Bandara Juanda Surabaya jam 12 malem. So, gue ngambil jadwal flight kamis sore jam 4. Ada sedikit drama dengan keberangkatan gue ini. Bayangin aja, siapa yang nyangka 15 menit yang lalu gue masih di tengah kemacetan parah di tol JORR dan tol bandara dan finally 15 menit kemudian gue udah ada di atas awan. Allah baik bangeeeett.. udah pasrah gagal liburan tapi akhirnya Allah masih ngijinin gue untuk berangkat.. Alhamdulillah

Jam 18.00 Alhamdulillaah kita udah sampe di Bandara Juanda Surabaya dalam kondisi laper 😀

So, makanlah dulu kita di bandara sambil merilekskan badan yang capek lari-lari ngejar pesawat di jakarta tadi.. huhuuu sambil terus bersyukur akhirnya bisa sampe surabaya juga. Selepas makan, kita lanjut nyari mushola untuk menjamak sholat Maghrib & Isya’. Mushola di bandara Juanda ternyata nyaman banget sodara-sodara.. Akhirnya kita nunggu sampe jam 12 malem di Mushola..

Perjalanan kami menuju Banyuwangi start jam 2 pagi dari Bandara Juanda dengan 1 long elf & 1 mobil xenia. Ada total 16 orang yang ikut Opentrip Banyuwangi yang berasal dari berbagai daerah. Karena udah larut malam, kita langsung tepar di mobil dan belum sempet untuk saling kenalan.

Hari 1 – Introduction

Perjalanan Surabaya-Banyuwangi ditempuh dalam waktu sekitar 7 jam.. weeeww zauuuh yaaakk.. Udah ga keitung berapa kali bangun berapa kali tidur.. ingetnya bangun pas sholat shubuh dan pas sarapan.. disinilah kita baru bersua dengan peserta lainnya yang semobil.

Sesampainya di Banyuwangi, kita langsung menuju pulau Wedi Ireng dan Teluk Merah..

Setelah maen2 dan poto2 di Pantai, lanjut cuuuss ke penginapan.. eiiiitt tapi sebelumnya kita mampir dulu untuk makan malam. Nah spesialnya kita akan makan makanan khas Banyuwangi, Nasi Tempong Mbok Nah!

Jam 20.00 kita sampai di penginapan wisma gelora. Entah dimananya Banyuwangi ini hahaa.. tapi Alhamdulillah cukup nyaman dan bersih. Langsung kita mandi dan tidur cepet karena besok harinya akan bangun pagi.

Hari 2 – Under and Up the Sea

Perjalanan hari ke2 ini dimulai dari jam 4 pagi dan langsung menuju pantai watudodol. Di pantai ini kita langsung naek kapal menuju pulau labuhan dan pulau menjangan untuk snorkeling. Yeiiiiiiyyyy finally after 5 years bisa snorkeling lagiiiiii dan kepake lagi underwater cam gueeee 🙂

This slideshow requires JavaScript.

Dan prestasi gue hari ini adalah berhasil menerima tantangan untuk free dive sekian detik.. whehehe 😀

WhatsApp Image 2017-12-11 at 3.18.37 PM.jpeg

Setelah Kep.Seribu, Bali, Belitung dan sekarang Banyuwangi.. Laut Indonesia emang dabeeesss.. cinta bangeeett sama kehidupan bawah lautnya…

Setelah snorkling, siangnya kita lanjut wisata Africa Van Java.. Yup Baluran National Park! Panasnya padang savana ini, menambah eksotis taman baluran beserta hewan2 yang hidup disana.. Keren bangeeet Indonesia punya taman nasional kaya gini!

WhatsApp Image 2017-12-02 at 9.52.21 PM

Perjalanan kemudian diakhiri dengan makan malam di sebuah resto dan langsung menuju penginapan untuk istirahat. Sayangnya kita baru sampai penginapan jam 20.00 padahal tengah malam kita harus ke IJEN!! Well met istirahat singkat 🙂

Hari 3 – Klimaks

Tepat jam 12.30 super dini hari, kita udah jalan ke Ijen.. Yes IJEN, salah satu top bucket list gue! Sampai di kaki Ijen sekitar jam 13.30 dan bersiap untuk menjelajahi gunung Ijen dan bertemu dengan The Amazing of Blue Fire di kawah Ijennya yang katanya cuma ada 2 spot di dunia yaitu di Islandia dan Banyuwangi Indonesia. Well, bisa dibilang ini pertama kalinya gue naek gunung beneran.. haha.. Ga punya gambaran apa2 tentang perjalanan ke Ijen ini dan setelah dijalani, ga bisa berkata apa2.. Speechless.. cuma bisa bilang MasyaAllah.. Subhanallah.. AllohuAkbar

Perjalanan ke puncak Ijen berjarak 3 km dengan medan yang menurut gue yang newbie sangat amat berat. Gimana ga berat coba, 1,8 km nya track menanjak dengan kemiringan 45 – 50an derajat.. gue berasanya 2,5 km nya nanjak pokoknya.. Sumpah capek bingiiit.. Tapi dalam perjalanan kita menuju puncak banyak banget pelajaran yang bisa diambil. Luar biasanya orang-orang berbondong2 menuju puncak Ijen, dari anak kecil sampe orang tua.

Ada berbagai halang rintang seperti kondisi gelap pastinya, jalan berlubang, batu besar sampai pada jalanan yang sempit dan licin. Hanya berbekal senter dan guide yang kita percaya, akhirnya Alhamdulillah kita sampai di puncak Ijen dengan lama perjalanan sekitar 3 jam.. Waktu ini udah paling nyantai dan banyak berentinya, Ya Allah ga kuat bangeeettt kalo harus jalan teruuuss.. maklum yeees faktor U 😀

Ternyata di  Puncak Ijen belum bisa buat kita untuk ngeliat The Amazing of Blue Fire. Kita harus turun ke kawahnya yang berjarak sekitar 700 meter ke bawah. Suasana saat itu sangat amat padat dengan orang-orang yang mau hunting blue fire. Dan perjalanan turun ke kawah Ijen harus dilalui dengan medan bebatuan yang ga beraturan. Harus hati-hati banget disini!

Pukul 04.38 gue nyampe di hampir dekat kawah Ijen, tapi blue fire yang dinantikan ternyata hanya terlihat sedikit, lebih kaya api kompor plus tertutup asap belerang yang sangat pekat. Berbekal masker gas, Alhamdulillah asap belerang ga kehirup tapi mata udah pedes bengeeett 😦 Dan kita memutuskan ga turun sampe kawahnya bangeet karena asap belerang udah sangat pekat di bawah sana.

Ini dia blue fire yang cuma ngintip sebentar sebelum ketutup asap belerang..

WhatsApp Image 2017-12-03 at 5.42.48 PM

Dari jarak sekitar 50 meter dari kawah, gue menikmati bagaimana Allah menciptakan alam seindah ini.. dan di tempat inilah gue sholat shubuh dengan posisi bersandar pada bebatuan. Dengan kondisi seadanya dan bagaimana pun caranya, sholat shubuh pantang ditinggal ya gengs. Ini cara kita bersyukur dengan apa yang udah Allah ciptakan dan berikan ke kita. Bodo amat banyak orang yang liatin atau anggep kita aneh.. hoho

Sekitar pukul 5 pagi, kondisi langit udah makin cerah dan apa yang terjadi?? Gue bengong seketika ngeliat medan sekeliling gue.. MasyaAllah dahsyat banget perjalanan gue ke kawah Ijen ini.. Ya Allaah pengen nangiiiiisss 😦

Gue rasa kalo jalan dalam kondisi terang, gue akan nyerah ga sanggup ih beneran!

Best trip ever pokoke di Ijen ini!! Meskipun The Amazing Blue Fire ga tercapai tapi gue ga kecewa, “Travelling is just not the destination”, tapi travelling membuat gue bersatu dengan alam, bersatu dengan ciptaan Allah yang Maha Dahsyat. Travelling memberikan gue banyak pelajaran.. pelajaran untuk bersabar, untuk tau kondisi badan sendiri, untuk berfikir kreatif gimana cara kita mencapai tujuan kita apapun hasilnya dan masih banyak lagi.

So gengs, sesulit apapun perjalanan kita asal kita punya kemauan kuat pasti akan tercapai hasil yang terbaik! YES TERBAIK!

This is it, perjalanan amazing kita di IJEN!

Best Sunset View of Makassar

Assalamualaikum.. Hai gengs.. yuk nulis lagi mumpung lagi ada waktu dan ada semangat.. whehee

Ini sebenernya bukan catetan traveling gue di Makassar, tapi ini hasil ngebolang gue di sela-sela acara dengan klien gw yang kebetulan diadain di Makassar.

Nah, ini kali pertama gue ke Makassar.. Alhamdulillah yeeess.. sempet mau extend utk explore Makassar dan sekitarnya tp sayang sekali ga bisa sodara2..

Alhasil gue cuma bisa ngebolang ke Pantai Losari dan sekitarnya aja tiap sore, tapi ga nyangka banget Makassar punya pemandangan indah ky gini.. This is it hasil jepretan gue di Makassar..

This slideshow requires JavaScript.

Keren kaaaan sunset view di Pantai Losari Makassar.. Ah next time wajib explore Pulau Sulawesi lebih dalem lagiii.. whohoo 🙂

Bromo i’m Coming…

Setelah traveling pembuka ke Jogja di bulan Februari, next trip kita berlanjut ke Malang-Batu-Bromo..

Tepatnya tanggal 11-14 Maret 2017, gue ber6 dengan temen2 SMA memutuskan untuk liburan bareng ke BROMO!

Sebenernya ke Batu dan Bromo bukan yang pertama kali buat gue, di tahun 2012 gue udah pernah ikut Book for Mountain yang diadain di Desa Ngadirejo Bromo.. cuma pas hari terakhir dengan sangat terpaksa gue harus pulang duluan karena ada tugas negara jadilah belom kesampean ke kawah bromonya.. hahaa

Kali ini, tema liburan gue adalah ala koper, meskipun tetep pake ransel siiihh.. Maksudnya kali ini kita ga yang traveller bgt, ngeteng kemana2.. hahaa tapi teteeepp traveling ini semua rencana perjalanan kita susun sendiri, tapi agak manja sedikit dengan hotel bintang 4 & rental mobil innova.. wkwkwkwk

Hari 1

Okee.. Perjalanan kita dimulai dengan penerbangan pagi dan langsung disambut dengan travel kenalan temen di malang, Mas Adi atau NK Tour (Ini kontaknya:  0856-0421-1449). Karena belom pada sarapan, pagi itu kita langsung kuliner ke Bakso Malang President.. yeiiiyy.. ini kali kedua gue makan disitu.. Makyos lah pokoke..

20170311_101200

Perjalanan berlanjut ke Museum Angkut, dan ini juga kali kedua gue ke tempat ini setelah pertama 3 tahun yang lalu.. Lumayan banyak arena baru, dengan harga tiket 80ribu (dapet diskon 20% dari flight citilink) bikin ga rugi dateng 2x.. Keren banget pokoke wis museum ini..

20170311_122730

Nah sekitar jam 4 kita udah selesai dan lanjut kulineran lagi trus baru lanjut ke Hotel. Oia kali ini gue dan temen2 menginap di Atria Malang.. Lumayan lah utk hotel bintang 4 dapet harga 500ribuan semalemnya.. Bisa mandi aer anget dan tidur mayan nyenyak.. hahaa..

Hari 2

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke wisata Batu. Batu bisa ditempuh dari Kota Malang sekitar 1-1,5 jam dengan kendaraan pribadi, kalo pake angkot jadi 2 jam.. Batu itu adem banget cuuuyy dan banyak objek wisata disana.. Kali ini kita mengunjungi Jatim Park 2 dan Museum Satwa..

Sayangnya sempet ujan deres so kita harus berteduh dulu di dalem Jatim Park 2 sekitar 1 jam.. Lumayan butuh waktu lama untuk bisa menikmati wisata di Jatim Park 2 & Museum Satwa ini.. Luas bingiiiiitt tempatnyaaa.. Dengan harga tiket terusan Jatim Park 2 & Museum Satwa yang cuma Rp. 96 Ribu, bisa puas bangeeeett… Bayangin aja kita baru selesai jam 5 sore donk dari jam 10an pagi.. wkwkwkwk

This slideshow requires JavaScript.

Lelah juga hayati dan kita langsung cuuus ke hotel untuk istirahat karena malemnya kita akan ke Bromo!

Hari 3

Nah ini dia klimaksnya.. BROMO!

Jam 12 malem kita udah dijemput menuju Bromo! Perjalanan sekitar 2 jam, trus lanjut pake jeep sekitar 1 jam menuju Penanjakan untuk hunting sunrise.. Sekitar jam 3.30 kita sampai di pananjakan, saat itu sudah ramai wisatawan tapi emang ga seramai pas wiken.. Sambil menunggu sunrise, kita shubuhan dulu di Pos Pananjakan.. Dingin airnya bener-bener menusuk tulang gengs!! Ini dia foto rangkaian aktivitas kita di Bromo:

This slideshow requires JavaScript.

Sukanya gue dengan NK tour ini, kita udah disiapin sarapan paginya di Bromo dan Rumah transit untuk kita bersih2.. Well Prepared pokoke

Setelah dari Bromo, kita balik ke Malang untuk check out dan lanjut utk check in di Batu.. hahaa sengaja kita pengen ngerasain nginep di Batu yang dingiiin.. Finally, kita menginap di Samara Hotel Batu yang ratenya ga jauh beda dengan Atria Malang. Dan Malamnya kita sempet mampir ke alun-alun Batu dan Batu Night Spectacular..

20170311_171619

Oia ada jajanan favorit kita selama disana, yaitu SEMPOL!! Ini semamcam olahan ayam yang dibuat sate lilit gitu. Kalo di Alun-alun, udah berjejer para pedagang sempol dan rasanya jangan ditanya lagi, gurih2 nampooll.. hahaa

Hari 4

Last day nih kita ada di Batu, tapi karena flight kita sore jadilah paginya gue ber2 temen memutuskan untuk mampir ke Omah Kayu. Ini tempat lumayan lagi hits di social media dengan spot2 foto yang IG-able.. Kekinian lah judulnya

This slideshow requires JavaScript.

Sekian cerita liburan gue dan temen2.. Nah ini nih yang penting, catetan itung-itungan gue.. taraaaaaa

Realisasi Budget

Liburan telah usai dan waktunya nyari duit buat jalan2 lagi.. wkwkwkwk 🙂

Traveling Pembuka 2017 – Hari 3 Exploring JOGJA-MAGELANG (Penutup)

Hai dear readers.. maaaaappp baru sempet update lagi..

Langsung aja ya gengs.. melanjutkan perjalanan traveling kita ke Jogja-Magelang, di hari ke 3 ini adalah hari terakhir kita explore jogja-magelang.. huhuuu

So, make a best plan in the last day.. yeeeiiyy

Hari ke3 ini, kita ber2 udah bangun dari sebelum subuh karena kita akan HUNTING SUNRISEEEEE.. Subuh saat itu sekitar pukul 04.30 dan setelahnya kita sudah janjian sama pemandu yang akan membawa kita ke tempat wisata pos mati untuk menikmati sunrise.. Mas Wijarso namanya yang akan memandu kita pagi ini dan ternyata oh ternyata rumahnya pas di seberang janur bungalow sodara2.. Alhamdulillah yaa..

Mas wijarso dan 2 orang temannya sudah siap dengan motor trailnya menunggu kita dari ba’da subuh.. Pukul 04.45 kita start menuju pos mati. Perjalanan dengan motor hanya sekitar 15 menit dan dilanjutkan dengan tracking melewati rumah2 warga sekitar 10 menit.. itung-itung olahraga pagi cuy.. Pas sampai di pos mati, suasana masih gelap dan hanya ada kita ber5..

Pukul 05.30 mentari pagi pelan-pelan mulai mengusir kegelapan.. dan stiilll hanya kita ber5. Serasa spot milik pribadi lah ini.. puaaaass

30 menit setelahnya adalah detik-detik terindah dalam hidup #lebay ;p

Speechless lah pokoke

20170218_053355

Saat-saat mentari mulai mengintip

20170218_055007

Candi Borobudur dengan latar belakang merapi merbabu

Dan ini diaa kitaa lagi puas2nya nikmatin hidden paradise in Indonesia..

IMG-20170218-WA0008

Best View in Life

Aaarrgghh ini dia best view in life.. Hidden paradise.. HEAVEN!

Nah ini kenapa akhirnya kita pilih pos mati, padahal banyak spot lain yang lebih happening, ada punthuk setumbu, punthuk mongkrong dan punthuk sukmojoyo.. Karena spot pos mati ini masih original, belum serame punthuk yang lain dan spot ini adalah andalan bule2 untuk nikmatin sunrise.. and PROVED!

Ga berasa udah 06.30 aja dan udah saatnya kita turun nikmatin wisata yang lain, tapi sebelum itu kita bercengkerama dulu di pasar pinggir jalan..

Seru euy begaul sama warga desa Giritengah.. banyak makanan otentik yang udah ga ditemui lagi di kota.. Oia nah foto mas2 sebelah kiri itu adalah Mas Widjarso pemandu kita, beliau tulus mengembangkan wisata di kampung halamannya dan memberdayakan warga di sekitarnya.

Jadi bagi siapa aja yang mau menikmati hidden paradise dimanapun spotnya bisa hubungi Mas Widjarso di 08176678758 / 085200328481. Beliau ga kasih tarif, tapi dengan kesukarelaan kita aja untuk menghargai jasa mas wid mengembangkan wisata disana sekaligus memberdayakan warga sekitar borobudur..

Masih dengan mas wid dkk kita balik sebentar ke penginapan untuk mandi, sarapan dan beres2.. Nih sarapan ala janur bungalow..

20170218_080038

Special healty breakfast

Udah setengah kenyang (kebiasa makan berat :D), kita lanjut ke tempat yang lagi hiiitts.. yaitu Gereja Ayam.. This is it!

20170218_083420

IMG-20170218-WA0002

Here we are from the top of Gereja Ayam

Setelah dari gereja ayam, kita balik lagi ke penginapan untuk menuju terminal borobudur yang akan mengantarkan kita menuju kota JOGJA.. eeeiiitt tapi sebelum itu kita sempet mampir dulu ke Rumah Kamera, untuk foto2 kekinian ala 3D.. hahaa

Menggunakan bus sedang dari borobudur menuju terminal jombor, dan lanjut dengan trans Jogja sampailah kita di MALIOBORO!

20170218_175457

Saatnya wisata kuliner dan beli oleh-oleh.. yeiiiyyy dan bertemu lagi kita dengan mas ibnu yang masih setia ngajak kita ke tempat oleh-oleh..

Ga berasa udah menjelang maghrib dan saatnya detik-detik perpisahan dengan Jogja Istimewa.. Aaahh ga mau pulang rasanyaaa..  😦 Betah bangeeett di Jogja dan masih banyak banget tempat wisata terselubung yang belum kita nikmatin..

Next trip yaa insyaAllah kita akan lanjut ke tempat2 yang istimewa di Jogja yang juga istimewa orang-orangnya #eaaa

Traveling Pembuka 2017 – Hari 2 Exploring JOGJA-MAGELANG (3)

Melanjutkan traveling pembuka kita, hari ke 2 perjalanan dilanjutkan menuju Kaliurang dan Magelang..

Perjalanan dimulai jam 8 dari Kulonprogo, Kali ini kita menyewa mobil + Driver hasil rekomendasi temen yang ternyata OKE BANGET.. whehee.. Sang driver yang sekaligus pemilik jasa tour & travel Garasi Wisata adalah orang Jogja asli yang akan mengantarkan kita keliling2 Jogja di hari ke2 ini.. Kesan selama 1 jam perjalanan dengan mas ibnu (hoiya belom ngenalin yaaa.. oke drivernya namanya ibnu yaa :p) lumayan bikin ga ngantuk.. whehee.. Driver yang lebih suka dianggep “konco” ini ramah orangnya & tau banyak tempat wisata kece.. jadi berasa kaya udah lama kenal.. So gengs kalo ada yang mau wisata ke Jogja dan sekitarnya coba deh pake jasanya mas Ibnu ini yang bisa diwatsap ke nomer 0818-0774-0983 atau bisa kepoin jg di IG ibnu_saban 🙂

Lanjut yeee..

Perjalanan menuju Kaliurang membutuhkan waktu sekitar 1 jam.. Sebenernya ini bukan kali pertama gw ke Kaliurang, sebelumnya di tahun 2009 udah pernah kesana pas ada outing kantor tapi sayang waktu itu tempat wisatanya sepi karena baru aja terkena dampak letusan gunung merapi… Dan akhirnya sampailah kita..

Tempat pertama yang kita datengin adalah Tlogo Putri.. Hmm.. kurang menarik sih, sayang banget ini tempat kurang diurus.. Sepii & debit air terjunnya sedikit.. As a traveller, tempat ini gw nilai 4/10.. sedih yaaa 😦

Muter-muterin kaliurang yang sejuk, ternyata banyak vila2 yang disewakan.. tapi fyi, rada2 spooky gitu, mungkin karena tempat wisatanya ga keurus, jd makin sedikit wisatawan yang dateng & berefek juga ke tingkat hunian.. Tapiiii ada nih tempat yang ok banget di Kaliurang ini untuk dikunjungi, yaitu Museum Ullen Sentalu.. Awalnya kita ngerasa agak mahal dengan tiket masuknya seharga Rp 30ribu.. dan ternyata setelah masuk menikmati pelayanan di dalamnya.. beuuuhhh worth it!!!

Museum Ullen Sentalu

Masuk ke museum Ullen Sentalu, kita akan dikumpulkan dulu minimal 10 orang untuk bisa berkeliling museum menggunakan jasa guide yang udah include dengan harga tiket masuk tadi.. Perjalanan keliling museum sekitar 1 jam, selama ini kita diceritakan tentang sejarah Kesultanan Jogja-Solo melalui foto-foto dan barang-barang yang tersimpan rapi di dalam museum.. Oiaa kita dilarang untuk mengambil foto apapun yaa di dalam museum & ada dendanya!

Museum ini berkonsep indoor-outdoor.. dan setiap ruangan punya kisahnya masing-masing.. KEREN lah pokokee

Sesuai jadwal, jam 12an perut udah mulai keroncongan.. hahaa.. Akhirnya kita cari spot untuk makan siang.. Thanks to mas ibnu yang dapet aja tempat yang ok di kaliurang ini untuk lunch..

Yup Alhamdulillah kita dibekelin nasi & lauk pauk gt sama buk lek nya febri.. cukup banget buat kita ber3.. Akhirnya kita makan di mobil dengan pemandangan jembatan dan puncak garuda.. HEAVEN

Okee.. perjalanan kita lanjutkan ke Magelang! Sebelumnya kita cari Masjid dulu untuk Dzuhur dan lanjut kita ke Ketep Pass & Top Selfie Hutan Pinus Kranggilan yang kebetulan 1 jalur..

Perjalanan yang lumayan jauh sekitar 1 jam akhirnya sampai ke Top Selfie Hutan Pinus Kranggilan.. Ini salah 1 tempat wisata yang lagi kekinian dan IG able.. hohooo

Namanya juga top selfie, jadi ya yang dilakukan disini adalah selfie dengan background hutan pinus 😀 Oia ada juga yang menyewakan hammock disini. Bolelah tempat ini dikasih nilai 6/10

Hutan Pinus Kranggilan

Ga memakan waktu lama kita disini, akhirnya lanjut kita ke Ketep Pass.. Dulu udah pernah juga kesini dan kali ini ingin mengulang foto di tempat yang sama.. hihii

Oia lagi2, di ketep pass ini juga kurang terberdayakan, masih sama cuy kondisinya dengan 8 tahun yang lalu.. Jadi so sad nilainya 4/10 😦

The best view adalah pemandangan sepanjang jalan menuju Ketep Pass dan Top Selfie ini.. Lembah, bukit, gunung dan tanaman-tanaman di dataran tinggi seperti strawberry.. Cool

Ga butuh waktu lama, sekitar jam 5 kita udah otw go back.. Selesai perjalanan hari ini..

Tapi… Waiiiiiittt ada yang belum tuntas.. hehee

Perjalanan pulang ini kita ga balik lagi ke Kulonprogo tapi kita ke penginapan di deket Borobudur.. Alhamdulillah mas ibnu ngerti banget jalan jadi ga ada kata kesasar deh.. Berbekal booking di Traveloka yang emang dekat aksesnya dengan spot yang mau kita kunjungin besok paginya, akhirnya kita dapet penginapan JANUR BUNGALOW..

Ternyata lumayan dalem juga jalan masuknya dari arah Borobudur, tapi setelah nemuin tempatnya.. MasyaAllaah.. KEREN Abiiiiss!

Janur Bungalow

Sudut di Kamar Mandi Penginapan

Penginapan cantik, kekinian nan unik di pelosok gunung ini pemiliknya asli Jogja yang nikah dengan WNA Korea dan udah punya 1 orang anak yang cantik bernama Kinanti.. ASELI ini tempat kesukaan bule2 banget.. romantis gitu & MeWah (a.k.a Mepet Sawah :p) seriusan dalam arti sebenernya 😀

Oia mentemen kalo yang mau nyobain nginep di Janur Bungalow, bisa booking di AirBnB atau Traveloka.. dan bisa kepoin juga di IG nya @janurbongalow

Saking amazenya sama penginapan & pelayanannya, kita ngobrol2 agak lama sama pemilik & mas ibnu yang ikut2an amaze.. hihii

Finally, time to rest.. sebelum tidur kita sempetin dulu tangtungtangtung masalah utang piutang selama 2 hari ini.. hahaaa..

Ga berasa, udah jam 10 dan harus tidur cepet karena besok pagi kita akan hunting SUNRISEEEE!!

To Be Continued…

Masjid Demak dengan Segala Serba-serbinya

Tulisan ini ternyata ada di draft sejak 3 tahunan yg lalu.. Khilaf mungkin sampe ga kepost..

Baeklah this it is..

Dalam traveling kali ini ke surabaya bersama keluarga besar, kami Alhamdulillah berkesempatan untuk mengunjungi salah satu masjid bersejarah di Indonesia yaitu Masjid Demak.. Kami sampai di masjid sangat pagi, pukul 1.45. Karena kami ingin sampai di tegal tidak terlalu pagi, jadi kami memutuskan untuk bersantai-santai di masjid ini..

Bayangan tentang nyamannya masjid sirna sudah ketika kami mulai memasuki teras masjid yg dipenuhi oleh warga daerah yang tidur-tiduran bahkan ada yang merokok, terkesan kumuh.. Sesungguhnya Subhanallah melihat masjid yang makmur seperti itu tetapi ketika ada kepentingan lain, ini sungguh ironi. Kepentingan lain sekedar untuk memeluk dan mencium keempat tiang di dalam masjid yang mewakili 4 sunan..

Aktivitas ini sepertinya sudah jadi tradisi bagi warga yang khusnudzonnya tidak paham antara menghormati tokoh besar dengan kemusyrikan. Tradisi ini membentuk sikap dari pihak-pihak terkait dari masjid demak ini, sebut saja memanfaatkan keadaan. Saya terus beristighfar dengan perilaku saudara kami sendiri.. Pertama, kami dikejutkan dengan amal penitipan sendal/sepatu yang ditarif Rp 5.000 per orang. Amal yang ditentukan seperti itu namanya tarif, sayang sekali saudara-saudara. Kalau saya memandang, bisa jadi akan banyak orang yang akan memberikan lebih dari Rp 5000 jika tidak ditarif seperti itu. Tapi menganalisa keadaan bahwa pengunjung kebanyakan orang kampung yang hanya mengerti bahwa masjid ini keramat (titik), sepertinya tidak ada dalam pemahaman mereka tentang adab ke masjid dan beramal. Inilah yang dimanfaatkan oleh pihak penjaga sendal untuk memberlakukan tarif penitipan sendal/sepatu.

Kedua, pemaksaan oleh tukang foto bayaran. Kejadian ini, saya tidak melihat langsung tapi hanya mendengar ceritanya dari salah satu tante yang ikut dengan kami. Pada saat kami masuk area masjid, tiba-tiba ada orang yang memegang kamera dan tiba-tiba langsung mengambil foto tiap orang yang datang seperti di acara wisudaan atau gathering. Nah selesai shalat, salah satu om didatangi dan diminta lebih tepatnya memaksa untuk membeli foto kami, hasil jepretannya. Hampir terjadi perang mulut antara keduanya, tapi Alhamdulillah tukang jepret foto itu akhornya mengalah.. Lagi-lagi tukang jepret ini memanfaatkan keadaan dimana banyak peziarah dari daerah lain yang mudah dipaksa untuk membeli fotonya. Hhhh..

Ketiga, premanisasi oleh komplotan tukang ojek. Disaat kami mau balik usai beribadah, kami didatangi oleh para ojek motor yang menawarkan jasanya untuk mengantar kami ke terminal tempat bis kami parkir yang jauh dari lokasi masjid. Awalnya, bis kami didatangi petugas yang memberitahukan untuk tidak boleh parkir di depan masjid. Sehingga akhirnya bis kami harus menuju tempat parkir yang sudah disediakan. Bukan salah kami sebenernya karena tidak ada larangan tertulis di pintu masuk area masjid bahwa bis tidak boleh masuk. Ketika kami akan kembali lagi ke bis, kami berinisiatif untuk menunggu bis di depan masjid. Karena tidak ada dari kami yang saat itu memegang nomor telepon supir bis, maka ada dari salah 1 kami untuk naek ojek diantar ke terminal & menjemput kami.

Masalah terjadi lagi ketika ada info dari kawan kami yang menuju terminal bahwa bis tidak bisa keluar tanpa penumpang & menjemput kami. Kami sangat tidak rela naik ojek meskipun hanya untuk mengeluarkan uang Rp 5000. Akhirnya kami memutuskan untuk jalan menuju terminal. Perjalanan ini kami anggap sebagai latihan manasik haji.. Aamiin..

Sungguh ironi bagaimana gambaran komersialisasi dari tempat ibadah ini.. Dan sesungguhnya Allah maha mencatat semuanya.. Kemusyrikan harus diberantas apalagi sampai menimbulkan pihak-pihak yang mengambil untung atasnya dengan cara yang tidak halal. Semoga Allah tidak murka dengan kondisi ini. Wallahualam Bishowab

Traveling Pembuka 2017 – Hari 1 Exploring Kulonprogo (2)

Hai bloggers.. setelah pada post sebelumnya kita bahas tentang persiapan traveling.. akhirnya sampai juga kita di hari H.. Yes Holiday is COMIIIIIIIINGGG!

Oia penentuan tanggal 15 – 18 Februari 2017 berdasarkan itung2an.. whehehee.. maksudnya, itung2an perkiraan work load yang low season.. Secaraaa.. tgl 15 februari itu kan Pilkada DKI jakarta yees yang jatuh di hari Rabu, nah kejepit kan tuh 2 harinya yang perkiraan orang2 udah males kerja.. Jadilah kita berangkat sorenya abis nyobloooss

Perjalanan tanggal 15 februari dengan kereta bisnis Senja Utama dari stasiun Senen berangkat pada pukul 19.00.. Alhamdulillah suasana & cuaca bersahabat meskipun selepas maghrib hujan agak deras plus di kereta ternyata AC nya dingin abis.. tp Alhamdulillah masih bisa tidur ayam..

Berdasarkan itinerary yang udah kita buat, akhirnya sekitar Pukul 02.30 kita sampai di stasiun Wates Kulonprogo.. Rencana awalnya kita mau nunggu sampai subuh supaya bisa naek angkutan.. Eeehh pas kita nunggu di mushola, datanglah abang2 ojek menawarkan jasanya untuk diantar sampai tujuan dengan tarif yang lumayan mihil menurut gw, 40ribu cyiiinn.. meskipun gw sebenernya ga tau sih seberapa jauh jaraknya karena yang travel mate gw yang tau jarak ke rumah mbahnya.. Setelah diskusi & nego yang lumayan lama akhirnya kita setuju dengan harga 35ribu per motor.. Dan ternyata mayan jauh sih tp mungkin karena lancar tenan karena masih sepi..

Agak kaget sih pas sampe rumahnya, karena ini bener2 di desa.. kita sampai di rumah simbah jam 5 subuh, disambut hangat oleh tuan rumah dengan suasana yang super gelap ga ada lampu sama sekali.. dan rumahnya masih original bingiiitt.. seru deh pokoknya 🙂 Dan lebih kaget lagi, pas udah terang trus ngeliat keluar.. WOW bener2 di desa dengan banyak pepohonan, hewan ternak, dan rumah2 warganya yang masih jarang.. The best village ambience i ever felt! norak yeee dasar anak jakarta :p

Hari 1

Yes, happy holidaaaayy… hari pertama, kita akan exploring KULONPROGO, salah 1 kabupaten di Prov. DIY. You know what! ternyata Kulonprogo ini baru sedang dibangun bandara internasional terbesar di Asia Tenggara.. WOW Penasaran donk apa yang jadi daya tarik Kulonprogo? Bandara yang baru mulai dibangun ini ternyata dekat dengan pantai Glagah dan pantai Congot yaitu pantai andalan di Kulonprogo.. Secara lokasi emang menjual.. Dan semua penginapan dan rumah di sepanjang pantai sudah dibayar uang ganti ruginya oleh Pemerintah, makanya kata warga sana banyak yang jadi kaya mendadak di Kulonprogo.. hohoo

Selain itu, di Kulonprogo banyak tempat wisata yang potensial dan belum terberdayakan.. Salah 1 wisata yang udah happening di socmed adalah KALIBIRU.. tempat ini menawarkan pemandangan alam bukit dan waduk sermo dari spot2 ketinggian.. zauuuuhh ternyata akses ke atasnya & harus pake mobil! Kalo yang mobilnya ga kuat nanjak, tenang aja banyak orang yang menawarkan jasa naik jeep atau motor trail.. Tp maaf kurang tau tarifnya karena mobil charteran kita mampu untuk naik ke atas..

Biaya masuk ke wisata Kalibiru ini hanya 5000, tapi bagi yang mau foto di spot2 pemandangan ada harganya lagi yang beda2.. Kalo ga salah ada 7 spot foto, dah kita mah cari yang aeeee.. Akhirnya kita pilih salah 1 spot yang sepi dengan harga 10ribu & kalo mau difotoin pake DSLR yang anti gelap hasilnya, nambah lagi 20ribu (dapet 4 file foto).. file lho bukan cetak.. wkwkwkwk

Lanjut dari Kalibiru, kita turun ke waduk sermonya.. nothing special sih cuma waduk yang menurut gw sekelilingnya kurang terurus.. sekedar tau aja trus lanjut kita mampir ke rumah makan padang… hyaaaa jauh2 dibawanya ke RM padang.. gpp lah yaaa namanya laper apaan aja dimakan.. hahaaa

Abis makan lanjut kita ke Hutan Mangrove.. Hari gini lagi happening nih di beberapa kota yang hutan mangrovenya dibikin tempat wisata dengan settingan kekinian dan IG able.. katanya kalo weekend di tempat ini rame bingiiit.. kebetulan kita pas hari kamis jadilah agak sepi dan justru enak buat santai & foto2..

Setelah dari hutan mangrove kita lanjut ke arah pantai.. Kulonprogo itu tempat wisatanya deket2 & ga banyak jadi seharian cukup banget utk explore Kulonprogonya..

Nah ini foto kita waktu di pantai Glagah sambil nunggu sore..

dan taraaaa.. inilah kitaaa the bolangers..

Finally, sebelum maghrib we go back home… dan di rumah simbah udah disiapin makan malem dengan nuansa pedesaan yang masih asriii.. HEAVEN!

Traveling Pembuka 2017 – Persiapan (1)

Yes, anggep aja ini tulisan pertama gw.. gw awalin 2017 ini dengan cerita traveling yaaa.. jangan nanya cerita2 laennya yak apalagi cerita cinta.. belom ada update.. wkwkwkwk :p

2017 ini gw buka dengan exploring JOGJAAAAA.. Yeeeiiiyy

Sebenernya, bukan pertama kalinya gw ke Jogja tp setahun ga ke Jogja itu kaya ada rasa yang hilang #azeeek  dan ke Jogja sebelumnya utk lanjalan itu udah lama banget sih.. Kebanyakan ke Jogja untuk kerja dan cuma bisa jalan2 di kotanya ajaa.. So, akhirnya gw & travel mate memutuskan utk exploring Jogja & sekitarnyaa dari tgl 15 – 18 Februari 2017..

As usual, sebelum hari H tepatnya sekitar 1 bulan lah, gw & travel mate hunting2 tiket kereta, penginapan, tempat2 wisata & akses transportasinya… Kita bagi2 tugas yang jelas supaya ga ada rasa saling ketergantungan.. hihiii

Nah travel mate gw ini adalah temen kampus yang baru ketemu lagi kira-kira 3 tahunan ini lah.. trus doyan jalan2 jg ternyata, perjalanan bareng pertama kita adalah ke Padang tahun 2015.. Meskipun doi agak rempong dibanding gw tapi masih bisa ditolerir lah kerempongannya.. pokoknya nih anak masih asik utk diajak ngebolang bin capek bin kucel.. hihi

Next, komunikasi kita praktis selama sebulan hanya lewat WA & email.. gw kebagian tugas bikin itinerary & budget.. nah doi yg cari2 tiket & penginapan.. kira2 H-1 minggu kita baru meet up utk konsolidasi #hueek

Alhasil, H-1 minggu kita udah siap dengan tiket kereta PP, penginapan di kulonprogo & borobudur, transport selama traveling, itinerary dgn 2 plan, kisaran budget & kontak2 penting.. Nah ini contoh itinerary yang kita bikin.. Beberapa ada rencana yang berubah, nanti gw ceritain detilnya di next post yaaa.. Monggo yang mau nyontek atau hubungin kontak2 pentingnya 🙂

Lets Start from Zero

Assalamualaikum..

Hai bloggers..

Long time no write.. bukannya sok sibuk tapi mau nulis itu sumpah malesnya pake bangeeet.. heheee

Ga tau kenapa yaaa malesnya ini ga ketulungan.. padahal harusnya kurang lebih 5 tahunan digembleng di kantor medina buat ngeblog itu jadi habit, tapi selepas 5 tahun penggemblengan eeehh ditinggal deh ini blog.. wkwkwkwkwk

Tapi actually, beberapa hari ini ga tau kenapa (lagi) tetiba kangen buka blog sendiri & kangen nulis.. hehee

Bismillah yaaaa semoga kali ini istiqomah

Yaaahh meskipun nulisnya masih amatiran dan mostly seputar travelling 😀

Lets start from zero yaa